Friday, March 20, 2009

Ficus Benjamina

1st Posting
Pohon...
Sbenarnya keberadaan pohon di sekitar lingkungan kita sudah tidak asing lagi, akan tetapi banyak dari kita yang kurang memperhatikan keberlangsungan dari habitat pohon-pohon. Hati ini meringis hikhikhikhik (gk gitu-gitu amat kali ya bshssanya),pokonya hati ini yang nggak seadem, setentram dulu ketika aq masih kecil. Melihat kondisi pohon-pohon sekitar rumah, perkotaan ( hah mangnya di perkotaan pohonnya banyak ya???) , sekolahan, dll pada tahun sekarang ini bisa diitung. Padahal kalo qt inget2 dulu wkt jamannya penjajahan pohon-pohon masi byk sekali ( mangnya sumuran qt da ada ya di jaman perang wkkwkwkwkwkkwk). Pohon pada saat itu banyak jasanya juga nggak ada salahnya juga seh klo pohon musti qt masukin ke dalam pahlawan Indonesia wkkwkwkwkwkkwkwwk, eits gk maen-maen pohon banyak membantu pejuang-pejuang Indonesia dalam berperang for the example Pada saat bapak Sudirman sedang sakit beliau di gotong dengan menggunakan batang pohon ( kebayang gk klo gkda ada pohon masa mu di gotong ma orang berpuluh-puluh km), satu contoh lagi pohon juga sering membantu para pejuang dalam melakukan persembunyian, pemantauan, bahkan sebagai tiang untuk menjemur pakaian mereka (mmmmm), udah ah..yang jelas masi banya contoh-contoh yang cukup menjadikan pohon sebagai pahlawan tanpa pamrih...lanjut....
Pohon yang akan aku nahas kali ini yaitu Pohon Beringin bahasa kerennya yang aku sunting dari wikipedia seh Ficus Benjamina. Bentar ya ada gangguan dulu.......................
Lanjut........sekarang hadir bersama patnerku sebagai mediator inspirasiku yuk kita bahasa lagi pohon beringin. Ketika kita mendengar kata "Pohon Beringin" dalam pikiran kita langsung melintas kesan angker. Terbukti dengan byknya film-film yang menggunakan pohon beringin sebagai background pada latar settingnya. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang pohon beringin kita baca kutipan yang aku ambil dari wikipedia.
Beringin (Ficus benjamina dan beberapa jenis lain, suku ara-araan atau Moraceae) sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.
Beringin, yang disebut juga waringin atau (agak keliru) ara (ki ara, ki berarti “pohon”), dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai.

No comments:

Post a Comment